SELAMAT DATANG


I made this widget at MyFlashFetish.com.

My Blog List

Kamis, 27 Agustus 2009

Belajar Mengetik Sepuluh Jari


Mengetik 10 jari? Apa gunanya?
Saya teringat pada masa SMP dulu, dimana ada pelajaran mengetik 10 jari. Gurunya galak abis, perempuan, tapi saya lupa siapa namanya. Ibu guru tersebut mengajari bagaimana mengetik dengan mesin ketik, namun tidak boleh melihat ke papan ketik. Mata harus diarahkan ke teks yang akan kita ketik. Benar-benar menyiksa!
Sewaktu ujian akhir, ada satu trik yang hampir semua siswa melakukannya. Kami saling menuliskan huruf-huruf pada jari-jemari kami. Misalnya jari telunjuk hurufnya f, t, g, dan seterusnya.
Soal ujiannya pun memang aneh. Banyak sekali soal seperti “Huruf i ditekan dengan jari…” Untungnya, dengan trik tersebut, kami bisa menjawab soal-soal tersebut dengan mudah 
Ternyata Sangat Bermanfaat
Namun ternyata, seiring waktu berlalu, pelajaran tersebut menjadi sangat berharga dan bermanfaat, terutama bagi kami yang hobi mengutak-atik komputer dan menulis blog  Justru sekarang jika melihat orang mengetik dengan 11 jari (menggunakan jari telunjuk kiri dan kanan), saya merasa kasihan terutama saat orang tersebut mencari-cari huruf yang ingin ditekan.
Jika kita sudah mahir mengetik 10 jari, saat menulis di komputer, maka secara otomatis refleks jari-jari kita akan menekan tombol-tombol pada keyboard, tanpa perlu lagi mencari-cari tombol huruf yang akan ditekan. Sehingga konsentrasi akan lebih terpusat pada tulisan yang sedang kita buat, bukan pada tombol-tombol keyboard.
Apakah Anda merasa kesulitan memusatkan konsentrasi karena harus mencari-cari tombol yang harus ditekan, maka mungkin Anda perlu belajar mengetik 10 jari. Tidak ada salahnya memulai dari sekarang.
Mulailah Berlatih
Jika Anda ingin mendapatkan manfaat mengetik 10 jari, berlatihlah mulai dari sekarang. Langkah pertamanya, letakkan jari telunjuk Anda pada tombol F dan J di keyboard. Jika Anda cermati, pada kebanyakan keyboard komputer, tombol pada huruf F dan J pasti dilengkapi dengan sedikit tonjolan yang akan terasa jika diraba dengan jari. Sebenarnya, tonjolan tersebut merupakan pemandu kita untuk meletakkan jari telunjuk di tombol tersebut. Walaupun tidak melihat keyboard, kita tetap bisa merasakan tonjolan tersebut sehingga kita bisa meletakkan jari kita dengan benar di keyboard komputer.
Untuk jari-jari yang lain, silakan menyesuakan dengan posisi jari anda pada keyboard. Mulailah menghafalkan posisi huruf pada jari Anda. Mulailah mengetik tanpa melihat keyboard. Ambil majalah atau koran, dan cobalah mengetik artikel yang ada pada majalah tersebut, namun mata Anda harus selalu tertuju pada majalah tersebut. Letakkan majalah pada sisi kiri atau kanan layar monitor. Hal ini akan memudahkan Anda melirik layar monitor untuk memastikan apakah ada salah ketik pada tulisan Anda.
Ketika pertama melakukannya, mungkin Anda sedikit kikuk karena belum terbiasa. Akan ada banyak salah ketik pada tulisan Anda, namun itu adalah hal yang wajar. Jika Anda terus berlatih secar konsisten, dalam waktu singkat Anda akan mulai terbiasa mengetik tanpa melihat keyboard, dan refleks jari-jari Anda akan mulai terlatih dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar